Hal yang Harus dihindari Agar Terhindar dari Malware

Bagi masyarakat era sekarang ini, smartphone, laptop dan juga komputer merupakan alat elektronik dan komunikasi yang biasa dimiliki oleh orang-orang. Hal ini menjadikan masyarakat juga perlu mengetahui apa saja hal yang harus dihindari agar terhindar dari malware. Tujuannya adalah agar komputer, laptop maupun smartphone bisa tetap digunakan secara normal untuk berbagai aktifitas. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terkena malware.

Hal yang Harus dihindari Agar Terhindar dari Malware 1

  1. Pasang Antivirus

Salah satu hal yang harus dihindari agar terhindar dari malware adalah pasang antivirus di komputer, laptop ataupun smartphone. Adanya antivirus akan menjadikan perangkat menjadi lebih kebal terhadap malware sehingga tidak mudah untuk terinfeksi. Apa itu malware? Pertanyaan tentang malware tersebut mungkin pernah terlintas di benak seseorang, yang berarti suatu program yang menyusup dan merusak komputer.

Pertanyaan tentang malicious software yang merupakan kepanjangan dari malware, biasanya berkisar juga tentang bagaimana cara mencegahnya. Malware sendiri terdiri dari macam-macam jenis, salah satu yang terkenal adalah virus jaringan. Usahakan untuk memasang antivirus agar bisa menghalau malware-malware yang akan menyerang perangkat.

Ada berbagai antivirus yang bisa dipasang di perangkat, baik itu lokal ataupun dari luar negeri. Tentunya tanpa perlindungan dari antivirus maka akan menjadikan komputer lebih rentan terkena malware. Maka dari itu usahakan untuk memasang antivirus agar malware tidak mudah untuk menginfeksi komputer atau lainnya.

  1. Update Antivirus

Cara mencegah malware, tidak cukup hanya dengan memasang antivirus saja, melainkan harus selalu diusahakan untuk update antivirusnya. Membiarkan antivirus tidak update adahal hal yang harus dihindari agar terhindar dari malware. Komputer dengan antivirus tetapi jika tidak diupdate, maka akan menjadikan malware masih bisa menginfeksi. Hal ini disebabkan jika tidak dilakukan update antivirus maka, antivirus tersebut tidak mengenali malware terbaru.

Kerugian yang bisa diderita dengan masuknya malware tersebut adalah membuat komputer atau laptop bisa terganggu. Bisa saja file menjadi hilang, ataupun tidak bisa menjalan kan berbagai macam program di komputer yang tentunya bisa mengganggu pekerjaan. Hal ini tentu akan sangat merugikan terutama jika ada pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan ataupun file penting yang tidak boleh hilang.

  1. Hati-hati Dalam Browsing dan Mendownload Aplikasi

Hal yang harus dihindari agar terhindar dari malware, selain dari antivirus adalah browsing sembarangan serta mendownload di website tidak jelas. Cara melindungi komputer dari virus juga dilakuka dengan tidak membuka website-website yang kurang terpercaya atau tidak jelas. Hal ini dimungkinkan dengan membuka website tersebut bisa membuat masuknya malware sehingga merugikan pemilik komputer.

Cara menjaga keamanan komputer, juga dilakukan dengan tidak sembarangan dalam mendownload aplikasi. Pastikan mendownload aplikasi dari website-website resmi sehingga terpercaya dalam hal keamanannya. Seseorang yang mendownload sembarangan maka memiliki peluang yang lebih besar dalam terkena malware. Usahakan selalu teliti sebelum mendownload, sehingga aplikasi yang terunduh akan membuat pekerjaan semakin mudah dan perangkat tidak terganggu.

  1. Lakukan Scanning

Cara melindungi komputer dari virus adalah dengan melakukan scanning apabila ada perangkat yang tercolok. Mencolokkan flashdisk atau perangkat yang mengandung virus adalah hal yang harus dihindari agar terhindar dari malware. Komputer yang sering tercolok flashdisk maka sebaiknya lebih sering melakukan scanning agar tidak terkena malware.

Cara melindungi komputer dari hacker selain menggunakan antivirus juga berikan password dengan kombinasi angka dan huruf. Penggunaan password seperti itu digunakan agar bisa lebih mengamankan gangguan para hacker agar tidak merusak komputer. Untuk memaksimalkan proteksi, call ZULFIANTO di website e-jasa.id. Bukan hanya sebagai web maintenancer yang terpercaya, tetapi kami juga punya legalitas di bawah payung CV. ELQO DUTA MANDIRI. Sudah siap untuk menghindari malware? Segera hubungi kami.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *