Etika berbicara dalam islam

Etika berbicara dalam islam , sangat banyak anjurannya. Dan dalam berbicara sebenarnya bukan cuma islam yang menganjurkan untuk berbicara sesuai etika. Dalam kehidupan sehari hari terkadang manusia lupa memakai etika saat dalam berbicara, Padahal di setiap berbicara banyak hal hal yang harus di perhatikan agar kita berbicara sesuai dengan etika.

etika berbicara dalam islam

etika berbicara dalam islam

Dalam islam banyak hadist hadist yang membahas tentang etika berbicara dalam islam, kita diwajibkan berbicara dengan lemah lembut tapi terdengar oleh lawan bicara. Dan untuk wanita tidak boleh berbicara dengan nada yang mendayu dayu mengundang syahwat. Berbicara lah seperlunya jangan terlalu banyak bicara bila tidak diminta untuk banyak bicara.

Baca juga artikel tentang hijab syar’i , untuk menjadi refrensi anda.

Adapun Etika berbicara dalam islam yang harus  diketahui yaitu :

  1. Bicaralah seperlunya,  jangan terlalu banyak bicara apalagi membicarakan hal hal yang gak penting. akarena kita bisa membuat lawan pembicara kita tidak nyaman dan muak.
  2. Bicara sesuai dengan tempat , jangan berbicara keras bila di tempat yang tenang , akan mengganggu orang lain
  3. Jangan ghibah , atau membicara kan aib orang lain meskipun itu adalah fakta.
  4. Bila menasehati orang lain , nasehatilah ketika anda dan orang itu saja , jangan menasehatinya didepan orang banyak. Itu akan menyakiti hatinya.
  5. Berbicara dengan santun dan bersahaja , dalam mengeluarkan pendapat juga perlunmempertimbangkan omongan yang akan keluar dari mulut kita. Bila dirasa tidak perlu jangan diucapkan.

Selain menjaga etika dalam bicara, sebaiknya dalam berpenampilan kita juga harus mengikuti syariat islam . Gunakan lah hijab kesehatan bagi muslimah yang pasti bermanfaat untuk kita. Itu tadi pembahasan menenai etika berbicara dalam islam , semoga kita semua dapat mengamalkannya.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *