Ciri-Ciri Website Terserang Malware

Ciri-ciri website terserang malware sangatlah mudah terdeteksi, baik oleh pemilik website maupun visitornya. Tanda paling khas dari web yang terkena malware yaitu munculnya Pop Ads yang sangat menjerumuskan visitor. Seringkali iklan Pop Up ini memberikan dampak munculnya tab-tab baru di browser tanpa diinginkan!

Namun tidaklah semua Pop Ads merupakan Adware, ada pula yang memang sengaja dibuat pemilik website untuk menjebak visitornya agar mengunjungi halaman-halaman iklan tertentu agar sang pemilik website memperoleh earning darinya. Dari sudut pandang visitor, website seperti ini bisa saja tergolong sedang terserang malware. Namun dari sudut pandang pemilik website, tentu ini bukan malware.

Sebelum membahas tentang ciri-ciri website terserang malware, mari simak dulu mengenai pengertian malware. Perlu diketahui bahwa malware adalah singkatan dari Malicious Software. Ini merupakan sebuah perangkat lunak, program atau sistem yang sengaja dibuat untuk tujuan spionase, sadap, merusak atau menguji sistem keamanan!

Tidak semua malware bertujuan untuk hacking, namun biasanya juga menemukan bug atau celah dalam sistem keamanan website! Dan ada pula Malicious Software yang jahat sekali karena tujuannya adalah untuk merekam data pengguna atau visitor website tersendiri!

Tentu seringkali visitor dibuat heran dengan sebuah website yang begitu dikunjungi homepagenya malah langsung terbawa ke tab lain dan muncul markah isian dokumen identitas diri! Inilah satu satu bentuk malware yang bertujuan menghimpun data pengguna secara ilegal. Mengerikannya, masih banyak orang yang percaya untuk mengisi kolom-kolom misterius itu dengan iming-iming hadiah atau menang kuis.

Bisnis data memang sangat menggiurkan di era ekonomi digital ini! Banyak praktisi IT, baik yang menggunakan teknik white hat maupun black hat berlomba-lomba menghimpun data pengguna dan menggunakannya untuk kepentingan komersial! Tentu ini sudah melanggar kode etik dan hak pengguna cyberspace.

Maka dari itu, di tengah maraknya malware yang disusupkan dalam sebuah website, marak pula kegiatan para bug hunter atau hacker kerah putih yang berusaha mencari malware-malware ini dan melaporkannya pada ororitas security website tersebut. Ciri-ciri website terserang malware pun lebih terdeteksi sejak dini berkat aktivitas perburuan para hacker baik ini.

Namun jangan langsung menuduh sebuah website terinfeksi virus malicious software, sebab bisa jadi justru perangkat kita sendiri yang kena virus! Apalagi pada perangkat ponsel di mana browser kerap jadi sasaran empuk virus! Cara menghapus virus browser ini pun mesti dipelajari di tengah mempelajari ciri-ciri website terserang virus! Bisa jadi memang bukan webnya yang buat ponsel jadi error atau nge-lag, justru browsernya yang sudah sekarat!

Ciri-Ciri Website Terserang Malware 1

Ada banyak sekali ciri-ciri website terserang malware yang harus diwaspadai, berikut adalah beberapa indikasinya:

  1. Website memiliki tampilan homepage yang sangat ramai dengan banner
  2. Sedikit saja diklik sembarang pada homepage, akan memunculkan Adware yaitu malware berbasis iklan
  3. Kebanyakan website yang mengandung virus dan malware sangat berat diakses, seolah terlalu banyak data yang terhimpun di dalamnya
  4. Dari sudut pandang developer atau pemilik website, jika terkena malware, maka website akan down
  5. Terdapat kolom-kolom pengisian identitas diri dan contact person yang tidak relevan dengan isi konten website

Beberapa ciri-ciri website terserang malware di atas bisa diatasi dengan selalu bersikap menjadi visitor yang cerdas! Segera tutup jendela browser jika browser sudah dibombardir dengan tautan-tautan yang terklik otomatis! Dan hindarilah memasukkan identitas diri ke dalamnya karena informasi yang sudah dihimpun dalam website yang kena virus sangat besar kemungkinan bakal disalahgunakan.

Dari sudut pandang pemilik website, untuk mencegah website dari malware, adware dan virus, usahakan untuk tidak banyak memakai plugin-plugin yang tidak jelas developernya. Pastikan menggunakan themes atau template yang premium dan asli. Dan bagi yang membangun website dengan koding sendiri, usahakan untuk rajin mengupdate struktur kodenya.

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *